Banten Boook Fair Dimeriahkan 15 Penerbit

-

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten menggelar Banten Book Fair 2018, di pelataran parkir kantor DPK Banten pada Senin (7/5/2018). Kegiatan tersebut akan diramaikan dengan buku-buku dari 15 penerbit buku.

Sekretaris DPK Banten Ardius Prihantono menjelaskan, pihaknya telah melakukan finalisasi persiapan Banten Book Fair 2018, dan sebanyak 15 penerbit sudah memasang sejumlah buku dengan ribuan judul terbitannya untuk dipamerkan dalam Banten Book Fair 2018.

“Tentunya para penerbit yang memeriahkan Banten Book Fair 2018 akan memberikan diskon buku besar-besaran bagi pera pengunjung,” kata Ardius pada Jum’at (4/5/2018).

Ardius menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, dalam hal ini Museum Negeri Banten yang akan memamerkan sejumlah koleksi museum dan mahasiswa Untirta. “Kegiatan Banten Book Fair 2018 juga dimeriahkan dengan sejumlah lomba, di antaranya lomba mewarnai, menggambar dan mendongeng,” ungkapnya.

Selain ada lomba, lanjut Ardius, DPK Banten juga akan memberikan penghargaan kepada pengunjung setia DPK Banten dan memberikan doorprize kepada pengunjung Banten Book Fair 2018. “Banten Book Fair 2018 juga akan diisi dengan dialog dengan sejumlah penerbit dan penulis,” ujar Ardius.

Kepala DPK Banten Ajak Moeslim mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan dengan program nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu menjadi literasi untuk meningkatkan kesejahteraan. Literasi juga menjadi salah satu program Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang ingin membangun 1.000 perpustakaan di Banten.

Ajak mengatakan, kegiatan ini menjadi inspirasi bagi sejumlah perpustakaan di Indonesia, karena kegiatan ini kali pertama digelar oleh DPK Banten dan ditularkan ke sejumlah perpustakaan di Indonesia.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar, dan menjadikan literasi sebagai program unggulan DPK Banten,” harapnya. 

Ajak menjelaskan, penerbit buku yang memeriahkan acara ini di antaranya kelompok Agromedia, Mizan, Republika, Gramedia, Erlangga, serta penerbit lokal Sengpho, dan lainnya. Buku-buku yang disediakan mulai dari buku anak, remaja, umum, penunjang pendidikan, dan perkuliahan. Di samping pameran buku-buku murah, juga digelar kegiatan-kegiatan menarik yang menunjang daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Banten Book Fair 2018 atau berkunjung ke perpustakaan.

Diketahui, Banten Book Fair digelar dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional ke-38 yang bertepatan dengan berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Banten Book Fair 2018 bertema “Literasi Cerdas untuk Kesejahteraan” akan berlangsung pada sampai 12 Mei 2018.

Pustakawan DPK Provinsi Banten Ashabul Kahfi mengatakan bahwa Banten Book Fair 2018 diselenggarakan untuk menggerakkan aktivitas membaca pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum serta mempermudah akses menjangkau buku bagi mereka. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan dan agar buku dijadikan sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan lain meningkatkan kunjungan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum ke perpustakaan. 

Kahfi juga mengungkapkan, sasaran pada kegiatan ini adalah terbentuknya budaya masyarakat gemar membaca, terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat, terciptanya minat kebutuhan membaca bagi masyarakat serta meningkatnya kunjungan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum ke perpustakaan. Ia berharap dengan acara Book Fair dapat menambah kecintaan masyarakat akan buku, perpustakaan, dan pengembangan minat baca menuju masyarakat Banten yang cerdas literasi.