DPK Dorong Minat Budaya Baca Melalui Lomba Karya Film Dokumenter

-
SERANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba karya film dokumenter, Kamis, 23/11/2017, di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Lomba karya filem dokumenter yang diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa tersebut mengusung tema 'Banten Membaca'.
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, Ajak Moeslim, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong minat baca masyarakat, karena kata Ajak, dalam filem tersebut didokumentasikan sosok-sosok yang memberikan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan budaya baca.
 
"Melalui lomba ini, diharapkan peserta dapat mendokumentasikan budaya baca masyarakat Provinsi Banten, selain itu lomba ini dapat mengungkap sosok-sosok yang turut berjasa dalam mendorong budaya baca melalui aktivitas literasi namun sosok-sosok gigih tersebut tidak terekspos," paparnya 
 
Selain itu, lanjut Ajak, isi dalm filem ini pun akan menjadi sebuah masukan bagi pihaknya dalam menjalankan program-program ke depan. Juga menurutnya, filem-filem hasil karya para peserta ini akan menambah koleksi karya rekam di perpustakaan Provinsi Bkatan.
 
"Tentunya lomba film ini akan menjadi sebuah masukan bagi Pemerintah Provinsi Banten, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam menentukan program dan kegiatan ke depan," ungkap Ajak Moeslim
 
"Kepada para dewan juri dan para peserta lomba, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangsih dan partisipasinya terhadap perkembangan sinematografi di Provinsi Banten ini." tukasnya
 
Pembukaan lomba tersebut dibuka pada 20 September  sampai dengan 20 November 2017lalu. Selain melakukan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba, dalam kegiatan tersebut pun digelar diskusi soal pesan dari isi filem para peserta.
 
Dalam diskusi ini beberapa film dari peserta dibahas oleh para narasumber, baik dari segi alur cerita, sisi teknis seperti sudut pandang kamera mau pun unsur riset.