Gubernur Banten Pantau Pelaksanaan UNBK SMA di Kota Tangerang

-

Gubernur Banten Wahidin Halim pada Rabu (10/04/2018), melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ke sejumlah SMA Negeri di Kota Tangerang. Sejumlah sekolah yang yang disambangi Gubernur diantaranya SMA Negeri 2 Kota Tangerang, SMA Negeri 10 Kota Tangerang dan SMAN 9 Kota Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menanyakan sejumlah proses UNBK SMA Negeri dan mempertanyakan pelaksanaan pembangunan dan program sekolah gratis di masing-masing SMA Negeri tersebut.

"Gimana lancar nggak pelaksanaan UNBK, apakah ada kendala? cukup nggak komputer buat ujiannya?," tanya Gubernur kepada jajaran pendidik di SMA Negeri 2, Kota Tangerang.

Gubernur juga memperingatkan kepada pihak sekolah untuk tidak memungut biaya apapun dari murid, orangtua atau wali murid hanya karena tidak mampu membayar SPP. Menurut Gubernur, tindakan tersebut merupakan prilaku yang tidak dibenarkan dalam agama.

"Ini diluar UNBK SMA. Ada nggak hal-hal diluar biaya sekolah seperti rekreasi siswa atau studi banding dipungut biaya oleh sekolah? Kalau persoalan biaya rekreasi cukup komite dan orang tua murid atau wali murid saja. Tapi jangan melibatkan kepala sekolah yang memungut. Itu saya larang. Tapi itu pun  sepanjang komite rasional dan bisa diterima oleh orang tua serta tidak bersifat memaksa," jelas Gubernur

Saat melakukan pemantauan UNBK di SMA Negeri 9, Kota Tangerang, Gubernur menanyakan terkait sarana penunjang belajar dan meminta kepada stafnya untuk mendata sarana yang dibutuhkan. Sementara di SMA Negeri 10, Kota Tangerang, Gubernur langsung mengecek sejumlah bangunan sekolah dan  memonitor pelaksanaan UNBK yang tengah berlangsung.