Press Realease

Insiden Kebakaran Gedung Cyber di Jakarta

WhatsApp Image 2021-12-09 at 10.58.09

Diinformasikan bahwa telah terjadi insiden kebakaran di Gedung Cyber Mampang Prapatan Jakarta yang terlaporkan sejak pukul 12.30 wib tanggal 2 Desember 2021, mengingat jaringan Provinsi Banten terkoneksi dengan jaringan di Gedung Cyber, maka untuk sementara waktu tidak dapat melakukan  akses terhadap jaringan dan  data server. Saat ini sedang dilakukan penanganan dan pemutusan aliran listrik di Gedung Cyber. 

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.Kami berharap seluruh akses segera pulih secepatnya. 

Dengan terjadinya insiden tersebut, maka akses jaringan dan server Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian tidak dapat diakses. Pada pukul 18.00 akses jaringan internet di KP3B sudah Kembali aktif bertahap. Pada pukul 21.00 akses jaringan di KP3B sudah Kembali normal. Akses jaringan ini tidak melalui Gedung Cyber Jakarta tetapi melalui Jalur langsung antara Provider dan NOC Diskominfo Provinsi Banten.

Untuk akses ke server masih belum dapat diakses dikarenakan management Gedung Cyber masih dalam proses pemutusan aliran listrik dan investigasi, dimana tidak diperkenankan siapapun memasuki Gedung Cyber Jakarta. Informasi yang tim terima bahwa kebakaran terjadi dari basement hingga lantai 2 Wing A. kondisi server down mungkin akan memerlukan waktu untuk bisa Kembali normal/aktif setelah dilakukan investigasi dan pembersihan oleh Management Gedung Cyber.

Hampir 90% Website dan Aplikasi berada di Data Center Gedung Cyber Jakarta. Tim akan melakukan percepatan aktivasi server setelah di izinkan memasuki Kawasan Gedung Cyber Jakarta. Beberapa aplikasi masih dapat di akses secara langsung tanpa menggunakan sub domain bantenprov.go.id. diakses menggunakan alamat internet protocol server pada aplikasi tersebut.